Kiai Said: NU dan Syiah Banyak Persamaannya

SHABESTAN — Ketua umum PBNU KH Said Aqil Siroj menyatakan, antara NU dan penganut Syiah, banyak memiliki kesamaan dalam tradisi, yaitu sama-sama menghormati ahlul bait, atau keturunan Rasulullah.

Dikatakannya, Rasulullah suatu menegaskan, dirinya tidak meminta upah dalam mengembangkan Islam, tetapi meminta agar umat Islam menghormati anak cucunya. “Kita ini bukan siapa-siapa, kecuali satu saja, mencintai keluarga Rasul,” paparnya dalam pertemuan antara Jamiyyatul Qurra wal Huffadz NU dan Iran di gedung PBNU, Sabtu (6/8).

Dituturkannya, pasca khulafaurrasyidin, orang Arab sibuk berpolitik dan terpecah belah. Ini mengakibatkan dunia ilmu pengetahuan didominasi oleh orang luar Arab. Kang Said menyebutkan sejumlah ilmuwan yang berasal dari Iran, diantaranya Imam Ghazali, Abu Jafar Thabari, Umar bin Ubaid, Washil bin Atha’, Jabir bin Hayyan, Ibnu Sina, Farabi, Razi, Juwaidi dan lainnya.

Demikian pula, penyebaran Islam di Indonesia melalui jalur Persia, selanjutnya masuk ke Gujarat sampai akhirnya tiba di Indonesia. Tak heran, Sunan Ampel merupakan salah satu keturunan dari Ja’far Shadiq.

“Kita berharap agar pertemuan seperti ini dapat mempererat hubungan antara NU dan Iran,” tegasnya.

Dalam acara ini, para qori terbaik dari Indonesia dan Iran yang telah memperoleh juara internasional mengumandangkan bacaan Al Qur’an yang dilagukan dengan sangat indah sehingga mampu menyejukkan hati. Hadir dalam kesempatan tersebut Dubes Iran untuk Indonesia.

(Sumber: Situs NU)

http://shabestan.net/id/pages/?cid=5690

8 thoughts on “Kiai Said: NU dan Syiah Banyak Persamaannya

  1. Ali akbar mengatakan:

    ceritanya setuju neh Istri Rasul Saw, Sahabat – sahabat Rasul Saw di caci maki dan di kafirkan?…
    Ya Allah tunjukanlah pada saudaraku ini bahwa yg batil itu batil jgn krn slogan golongan pendusta ttg kecintaan kpd Ahlul Bait yg mulia, saudara ku ini jadi tergelincir untuk mencintai golongan tsb…amin

    • mbalkaff mengatakan:

      memangsay disana ada keterangan seperti itu? jangan menuduh kalau belum ada bukti boss…

      • Islam Sunni mengatakan:

        buktinya ada pada buku dan kitab2 karangan ulama yang nota bene akan jadi panutan oleh umatnya.

      • bunga alya putry mengatakan:

        Dikatakannya, Rasulullah suatu menegaskan, dirinya tidak meminta upah dalam mengembangkan Islam, tetapi meminta agar umat Islam menghormati anak cucunya. “Kita ini bukan siapa-siapa, kecuali satu saja, mencintai keluarga Rasul,
        yg sring bisebut2 oleh nabi adalah umat y bkan keluarga y
        afwan

  2. ammar dalil gisting mengatakan:

    “Ukhuwah Islamiyah mari kita wujudkan…!”

  3. Rochady Yudhi mengatakan:

    Oooohhh gitu yaah…, truss kalo yang memerangi keluarga Rasul, membunuh juga membantai cucu Rasul, dan hingga sekarang ini juga ada yang mau membongkar makam Rasul dan para Syuhada Islam di Arab kenapa gak diributin menghina Rasul dan Ahlulbayt juga Syuhada yaa…, heran juga yaa …. ?

  4. abham mengatakan:

    Persatuan umat Islam wajib, pelanggar neraka, pasti…!!!! Mengkaji sejarah secara obyektif memberi pencerahan yg tepat ke masa depan, itu juga kewajiban keilmuan dlm Islam!

  5. Borkand mengatakan:

    banyak orang2 bodoh berkomentar tentang sesuatu yang mereka tdk mengetahuinya, tahu darimana syiah sesat, baca buku2 syiah aja enggak pernah, malahan mengikuti isu dari orang2 atau (ngaku2) ulama, padahal provokato, antek saudi arabia dan zionist…! baca dong yang banyak…! biar pinter jangan bloon…!

Beri Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s